Strategi Jitu SBY ‘Taklukkan’ KMP


Ketua Umum PD SBY masih ‘sakti’. Sedikit bermanuver, SBY sukses menaklukkan keangkuhan parpol anggota Koalisi Merah Putih.

Rekomendasi Munas Golkar yang menolak Perppu Pilkada langsung mengawali perpecahan Koalisi Merah Putih. Betapa tidak, partai anggota KMP ternyata sudah pernah meneken surat perjanjian dengan SBY bahwa mereka akan mendukung Perppu pilkada langsung.

Sikap Golkar kemudian diikuti PKS dan Gerindra yang membuka peluang menolak Perppu tersebut. Gerindra bahkan sempat menyebut perjanjian itu hanyalah klaim semata.

Melihat adanya pengkhianatan terhadap perjanjian yang telah disepakati, SBY pun mengakhiri puasa bicara soal hiruk pikuk politik Tanah Air. SBY mengawali dengan kicauan panjang tentang fakta-fakta perjanjian antara KMP dengan PD.

Dealnya kala itu, PD bersedia bekerjasama dengan KMP di DPR jika Perppu pilkada langsung disetujui KMP. Kesepakatan itu dibuat pada 1 Oktober 2014, pada malam sebelum DPR menggelar rapat paripurna pemilihan pimpinan.Lobi berjalan, PD pun bekerjasama dengan KMP dalam paket pimpinan DPR dan MPR.

“Kesepakatan itu ditandatangani semua Ketum & Sekjen, mulai dari PG (Golkar), PGerindra, PAN, PKS, PPP & juga PD. Khusus PPP hanya Ketum,” kata SBY dalam akun twitternya @SBYudhoyono, yang dipublikasikan Minggu (5/10/2014).

SBY mengakhiri dengan ungkapan ‘ancaman; meninggalkan KMP. Bahkan disinggung-singgung kemungkinan PD bersama-sama KIH di DPR, paling tidak diawali dengan pembahasan tentang Perppu pilkada langsung.

“Tidak mungkin PD bisa bekerja sama dengan pihak-pihak yang tidak konsisten, ingkar kesepakatan dan meninggalkan komitmen begitu saja,” katanya.

“Saya telah memerintahkan para pimpinan PD untuk mulai menjalin komunikasi dengan PDIP dan KIH, agar perjuangan bersama ini berhasil,” sambung SBY

Tak sampai situ, SBY langsung menemui Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla untuk membahas Perppu tersebut. SBY dan Jokowi-JK sepakat bakal memuluskan perppu tersebut, sembari terus membuka wacana beragbungnya PD ke KIH.

Posisi PD di DPR memang sangat strategis, jika PD bekerjasama dengan KIH maka kekuatan parpol pendukung Jokowi-JK bakal lebih kuat dari KMP di DPR. Selama ini KMP lebih sering mendominasi pengambilan keputusan di DPR, bahkan sejak DPR periode lalu misalnya pada pembahasan RUU Pilkada yang pada akhirnya sepakat dengan Pilkada dikembalikan ke DPRD. Pada saat itu FPD DPR memilih walkout.

Karena desakan rakyat akhirnya SBY mengeluarkan Perppu yang berisi mengembalikan aturan pilkada langsung. Kini SBY berjuang bersama KIH agar Perppu ini disahkan di DPR.

Manuver politik SBY yang sangat lihai ini langsung mengubah konstelasi di KMP. SBY seolah berhasil menaklukkan KMP. Satu persatu partai anggota KMP menyatakan dukungan ke Perppu pilkada langsung. Yang pertama mengubah haluan adalah Gerindra.

“Kita kan sudah sepakat kemarin mendukung Perppu itu. Belum ada perubahan sih,” kata Wakil Ketua DPR dari Gerindra Fadli Zon, sembari menegaskan tak pernah mengingkari komitmen dengan SBY. Fadli menyampaikan hal ini saat pulang dari Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2014)

Sikap Gerindra kemudian diikuti Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie yang langsung memutuskan tak melaksanakan rekomendasi Munas Bali yang mengharuskan Golkar menolak Perppu pilkada langsung. Setelah bicara panjang lebar tentang asal muasal datangnya rekomendasi tersebut, Ical langsung menegaskan sikap Golkar menolak perppu Pilkada langsung.

“Setelah melihat: a) keinginan masyarakat luas untuk tetap melaksanakan Pilkada Langsung, b) kesepakatan awal bulan Oktober antara 6 partai-partai tersebut di atas, c) pembicaraan dengan partai-partai dalam KMP. Maka Partai Golkar akan mendukung Perppu usul Pemerintah tentang UU Pilkada tersebut,” kata Ical melalui twitter, semalam.

Goyangan SBY pun mampu membuat KMP putar haluan. Di awal baru PD dan PAN yang menyatakan dukungan ke Perppu tersebut, namun kini Golkar, dan Gerindra ikut putar haluan. SBY seolah menunjukkan dirinya masih ‘King Maker’.

Yang menarik adalah posisi PKS yang belum bicara terkait Perppu ini, apakah PKS akan ikut putar haluan?

Iklan

Satu pemikiran pada “Strategi Jitu SBY ‘Taklukkan’ KMP

  1. Gerombolan si berat, plin plan.
    >.<

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s