Ahok Uji Nyali Pecat Pejabat Tak Beres


Reformasi birokrasi yang dilakukan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) salah satunya adalah dengan mencopot PNS yang tak beres. Ahok mengaku hal ini sebagai uji nyali, mengukur seberapa berani dia memecat pejabat yang tidak beres, meskipun akan mendapat musuh dari banyak pihak.

“Masih ada nggak oknum walikota setor menyetor, oh masih. Kepala dinas masih ada nggak minta persenan, masih. Jadi mereka kan ngetes saya nih, ngetes saya kira-kira berani nggak nih lawan semua nih. Nanti bisa bergabung sama FPI demo nih, gabung DPRD demo nih. Kan barisan sakit hati bisa demo, kalau dipecat banyak gitu kan? Makanya saya juga tes-tes nyali saya nih kira-kira berani apa nggak, aku lagi latihan otot jantung dulu, syarafnya. Mudah-mudahan berani sampai akhir,” ujar Ahok yang masa baktinya sebagai gubernur berakhir 2017 ini.

Ahok mengatakan itu di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (26/11/2014). Dia menjawab pertanyaan wartawan soal pejabat yang nakal.

Menurutnya saat ini ada lebih dari 6.000 jabatan struktural. Jika ada pejabat eselon II, III, dan IV kerjanya tidak beres akan dipindahkan pos jabatan dengan struktural yang sama. Namun semua itu akan diubah Ahok, sekarang PNS yang tidak beres akan distafkan dan diikutsertakan dalam sekolah diklat.

“Nah sekarang saya tidak mau lagi, lebih baik ngincer posisi kamu. Kamu turun dulu deh ikut sekolah di diklat,” ucap Ahok.

Selama PNS itu ikut diklat, posisi dia akan digantikan oleh staf yang memiliki kinerja yang bagus. Setelah diklat selesai, PNS tersebut bisa kembali lagi, namun ada syaratnya.

“Nanti kita pertimbangkan setelah kamu punya ide yang baru. Jadi gampang caranya, copotin saja dulu, stafkan saja dulu. Jadi yang tadinya staf dinaikkan jadi struktural,” jelas Ahok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s